Rabu, 16 Desember 2020

Pogram kerja Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum 2020/2021

 

PROGRAM KERJA

WAKIL KEPALA MADRASAH

BIDANG KURIKULUM

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 





 

 

 

 


MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH

SUKOREJO BANGSALSARI KAB. JEMBER

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

PROGRAM KERJA

 

WAKAMAD KURIKULUM

 

 

 

 

 

 

Penyusun

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum

 

 

 

 

Syafiudin, S.Pd.I

 

 

 

 

 

 

Menyetujui / Mengesahkan

Kepala Madrasah

 

 

 

 

Abdul Wahid Hasyim, S.H.I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Bismillahirrohmaanirrohiim

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Alloh SWT karena atas rakhmat dan karunia-Nya kami telah dapat menyusun Program Tahunan Kegiatan Madrasah Aliyah Asy Syafi’iyah

 

Hanya dengan Rahmatnya Alhamdulillah kami dapat menyusun Program Kerja Wakamad Bidang Kurikulum Aliyah Asy-Syafi’iyah untuk tahun 2020/2021. Dengan Program ini dimaksudkan agar langkah-langkah yang akan dilakukan sesuai dengan Visi ,Misi dan tujuan yang disepakati dan ditetapkan bersama.

 

Oleh karena itu kami menyadari bahwa Program Kerja Bidang Kurikulum MA Asy-Syafi’iyah ini banyak manfaatnya dalam pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di MA Asy-Syafi’iyah Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan  tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja ini.

 

Terwujudnya Program Kerja Kurikulum MA Asy-Syafi’iyah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.

 

Akhir kata, semoga Program Kerja Bidang Kurikulum yang kami susun ini bermanfaat bagi  MA Asy-Syafi’iyah pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.

Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan.

 

 

Jember, 13 Juli 2020

 

 

Bidang Kurikulum


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

I.   LATAR BELAKANG

Dinamika pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara akademis maupun teknis penyelenggaraan pendidikan, sehingga para pelaksana pendidikan di tuntut untuk lebih meningkatkan kemampuannya agar tujuan pendidikan baik secara lokal maupun secara global tercapai dengan baik.

 

MA. Asy-Syafi’iyah merupakan salah satu institusi pemerintah yang secara langsung melayani masyarakat yang membutuhkan di bidang pendidikan. Pelayanan pendidikan senatiasa ingin selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga keberadaan MA Asy-Syafi’iyah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Berbagai macam persoalan dalam dunia pendidikan seperti kurangnya tenaga pengajar baik secara kwalias maupun kuantitas, kurangnya sarana prasana dan banyak lagi komponen-komponen guna terwujudnya dunia pendidikan yang ideal. Namun demikian optimalisasi komponen yang ada dan dimiliki menjadi salah satu jalan keluar yang harus dilakukan oleh setiap komponen pendidikan.

 

Proses Belajar Mengajar (PBM) merupakan kegiatan pokok dalam dunia pendidikan yang dikelola dan oleh bidang kurikulum dan didukung oleh komponen lain yang tidak bisa terpisahkan. Dengan daya dukung yang dimiliki, MA. Asy-Syafi’iyah mencoba menyusun program kerja bidang kurikulum untuk tahun pelajaran 2020/2021.


 

II. DASAR PEMIKIRAN

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  4. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Satndar Isi Pendidikan Agama Islam dan bahasa arab di Madrasah.
  5. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021
  6. Rapat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Juli tahun 2020 tentang pembagian tugas mengajar dan tugas-tugas lain

BAB II

VISI, MISI dan TUJUAN

 

A.  TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL JENJANG MENENGAH

 

Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negera yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Sedangkan untuk jenjang menengah sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 tentang Pendidikan menengah, pendidikan menengah bertujuan:

 

1.             Meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian;

 

2.             Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal-balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya

 

 

B.  VISI MA ASY-SYAFI’IYAH

 

Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di madrasah. MA Asy-Syafi’iyah sebagai unit penyelenggara pendidikan, juga harus memperhatikan dan mengantisipasi perkembangan dan tantangan masa depan.

 

Adapun perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain:

 

1.      Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;

2.      Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas Sektor serta tempat;

3.      Era informasi;

4.      Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia ;

5.      Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan;

6.      Era perdagangan bebas (AFTA).

      Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah sangat merespon tantangan sekaligus peluang tersebut sehingga visi madrasah  diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang atau secara sederhana diartikan sebagai gambaran sekolah yang dicita-citakan di masa depan. Namun demikian, visi sekolah harus tetap mengacu kepada  kebijakan pendidikan nasional. Demikian juga  Visi tersebut  harus memperhatikan dan mempertimbangkan antara lain: (a) potensi yang dimiliki madrasah dan (b) harapan masyarakat yang dilayani madrasah.

 

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah dan merumuskan visi madrasah, sehingga visi madrasah tersebut dapat  mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, dan pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

 

A.    Visi Madrasah

Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi madrasah. Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Misalnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi dan informasi, serta perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan sehingga memacu madrasah untuk merespon tantangan dan peluang. Oleh karena itu, kami merumuskan visi Madrasah Aliyah Asy-Syafiiyah Sukorejo Bangsalsari. Adapun visi adalah, Mencetak Generasi “TAMPAN” (Terampil, Ahlaqul Karimah, Mandiri, Pelopor Aswaja dan Nasionalis) Kami memilih visi ini dengan berorientasi pada tujuan jangka panjang, menengah, dan pendek. Visi tersebut menjadi pedoman bagi setiap sivitas akademika Madrasah Aliyah Asy-Syafiiyah Sukorejo Bangsalsari untuk mewujudkan tujuan madrasah. Visi ini mencerminkan profil dan cita-cita Madrasah Aliyah Asy-Syafiiyah Sukorejo Bangsalsari antara lain:

 

1.      Berorientasi pada keunggulan dengan memerhatikan potensi kekinian

2.      Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat

3.      Bersifat mengikat bagi setiap sivitas akademika MA Asy-Syafi’iyah

4.      Sebagai panduan bagi pelaksanaan Misi MA Asy-Syafi’iyah

 

B.     Misi Madrasah

 

Untuk mewujudkan visi MA Asy-Syafi’iyah tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi MA Asy-Syafiiyah yang disusun berdasarkan visi di atas, adalah sebagai berikut.

 

a)      Menumbuhkan semangat belajar siswa sehingga mampu berprestasi secara optimal sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

b)      Menumbuhkan sikap kepribadian yang santun, beretika dan berestetika.

c)      Menumbuhkan kreatifitas dan inovasi siswa.

d)     Menumbuhkan kesadaran siswa agar mampu menjadikan ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai landasan dalam kehidupan sehari-hari.

e)      Menumbuhkan kesadaran wawasan kebangsaan, patriotisme dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI.

 

 

C.    Tujuan Madrasah

 

Kurikulum Madrasah Aliyah Asy-Syafiiyah Sukorejo Bangsalsari dirumuskan mengacu pada tujuan umum yaitu tujuan pendidikan dasar dan menengah adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri, dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan visi dan misi Madrasah, maka tujuan yang hendak dicapai MA Asy-Syafiiyah adalah sebagai berikut.

 

1.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT

2.      Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik sesuai bakat dan minat

3.      Menanamkan  sikap berakhlakul karimah, disiplin , jujur, dan bertanggungjawab

4.      Menyiapkan peserta didik menjadi generasi Islam yang Qur’ani

5.      Memberikan bekal peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

6.      Mencpitakan lingkungan Madrasah yang bernuansa Islami berhaluan Ahlusunnah Wal Jama’ah

7.      Menjadi Madrasah/sekolah terpercaya di Masyarakat.

 

 

 

 


 

E.  MAKSUD DAN TUJUAN

 

Maksud penyusunan program kerja ini adalah:

  1. Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum dan KTSP
  2. Terlaksananya pembelajaran secara tertib
  3. Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang
  4. Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran diatas KKM

Berdasarkan tugas dan fungsi Wakamad Bid Kurikulum diatas maka Program bidang kurikulum MA Asy-Syafi’iyah dibuat bertujuan:

 

1.             Memberikan landasan dan arahan kepada seluruh komponen pendidikan agar proses pendidikan di MA. Asy-Syafi’iyah dapat terselenggara dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan secara umum sesuai dengan Visi, Misi dan tujuan MA Asy-Syafi’iyah

 

2.             Memberikan gambaran tentang  proses pembelajaran yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021

 

3.             Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran

 

4.      Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru


 

BAB III

TUGAS DAN FUNGSI WAKAMAD BIDANG KURIKULUM

 

1.     RUMUSAN UMUM TUGAS DAN FUNGSI

Membantu Kepala Madrasah dalam pelaksanaan kegiatan Kurikuler dan ekstra kurikuler.

 

2.     URAIAN TUGAS

 

2.1      Menyusun Program kerja tahunan

2.2      Mengkoordinasikan Pemasyarakatan dan Pengembangan Kurikulum.

2.3      Menyusun Program pengajaran (Mingguan, Bulanan, Semester, Tahunan) dan mengkoordinasikan pelaksanaannya.

2.4      Mengkoordinir kegiatan belajar mengajar termasuk pembagian tugas pendidik, jadwal pelajaran, evaluasi belajar dan sebagainya.

2.5      Menganalisis ketercapaian target kurikulum dan daya serap.

2.6      Mengkoordinasikan persiapan dan pelaksanaan PTS, PAT , UN, UAM

2.7      Menyusun kriteria kenaikan kelas dan persyaratan kelulusan

2.8      Mengarahkan penyusunan Silabus dan RPP

2.9      Mengkordinasi penyusunan KKM.

2.10  Mengajar 24 jam pelajaran/minggu.

2.11  Menyusun laporan berkala dan insidentil tentang kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler.

2.12  Mengkoordinir pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

2.13  Mengkoordinir wali kelas dan bimbingan karir.

2.14  Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan Pokja kurikulum madraasah

2.15  Mengkoordinir penulisan dan pengembangan mata pelajaran.

2.16  Mendokumentasikan kurikulum, penyesuaian kurikulum dan mata pelajaran yang telah baku.

2.17 Mewakili madrasah dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum

 

3.     BERTANGGUNG JAWAB KEPADA :

·         Atasan langsung   : Kepala Madrasah

·         Pembina Teknis     : Kepala seksi Mapenda


 

BAB IV

PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM

 

A.  PROGRAM UMUM    

  1. Menyiapkan format pembelajaran yang dibutuhkan Guru Mata Pelajaran      
  2. Membantu kepala sekolah mengurus kegiatan kurikulum intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk setiap guru bidang studi         
  3. Menyediakan silabus untuk setiap guru bidang studi  

 

B.  PROGRAM POKOK  

 

1.  Kegiatan Awal   

 

o    Membantu Kepala Sekolah menyusun SK pembagian tugas mengajar guru         

o    Menyusun jadwal pelajaran     

o    Membantu Kepala Sekolah membuat SK pembagian tugas bagi tenaga kependidikan       

o    Membagi/menetapkan kelas sesuai dengan program

o    Menyiapkan absensi siswa yang dipegang oleh masing-masing guru bidang studi       

o    Menyiapkan jurnal  kelas          

o    Menyiapkan absensi masing-masing guru bidang studi

 

2.  Kagiatan Harian

o    Membantu Kepala Sekolah mengawasi BKM   

o    Membntu Kepala Sekolah dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang efektif dengan menetapkan disiplin belajar siswa

o    Membantu guru dalam mengatasi hambatan dalam KBM

o    Membantu Kepala Sekolah mengawasi kegiatan pendalam materi

 

3.  Kegiatan Mingguan  

o    Memberikan laporan kepada Kepala Sekolah tentang pelaksanaan KBM selama satu minggu        

o    Membantu Kepala Sekolah menyiapkan pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin

o    Memberi laporan tentang kegiatan pendalaman materi selama satu minggu         

o    Mengadakan pertemuan konsulidasi dengan masing-masing wakasek, guru BK dan wali kelas

 

4.  Kegiatan Bulanan  

o    Mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan KBM dan ektrakurikuler

o    Membantu Kepala Sekolah dalam mengevaluasi kegiatan pandalaman materi bulan sebeblumnya       

o    Mengadakan konsultasi dengan guru mata pelajarandan BK tentang kesulitan belajar dan absensi siswa     

o    Membantu Kepala Sekolah dalam pelaksanaan ulangan harian bersama ( UHB )         

o    Membantu Kepala Sekolah dalam pelaksanaan Midle semester/UTS

 

5.  Kegiatan Semesteran 

o    Membantu Kepala Sekolah dalam pelaksanaan ulangan semesteran

o    Menyiapkan leger nilai raport semesteran yang bersangkutan

o    Membantu Kepala Sekolah mengawasi wali kelas dalam mengisi buku raport         

o    Menghitung target kurikulum dan taraf serap masing-masing kelas pada setiap mata pelajaran      

o    Membantu Kepala Sekolah dalammengawasi pembagian buku raport

o    Maembantu Kepala Sekolah dalam menyusun SK pembagian tugas guru semester genap 

o    Menyiapkan jadwal pelajaran Semester genap

o    Jurnal kelas semester genap      

o    Absensi siswa semester genap      

o    Absensi masing-masing guru bidang studi untuk semester genap

 

6.  Kegiatan Akhir Tahun 

 

o    Membantu Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan Ujian Akhir Nasional   

o    Mendampingi Kepala Sekolah dalam rapat penentuan kelulusan

o    Membantu Kepala Sekolah dalam memproses STTB dan SKHUN

o    Membantu Kepala Sekolah dalam pembuatan laporan peneyelenggaraan UN

o    Membantu Kepala Sekolah dalam mengevaluasi kegiatan selama satu tahun

 


 

BAB V

PENUTUP

 

 

Kami berkeyakinan bahwa setiap kegiatan tanpa perencanaan hasilnya tidak akan memuaskan, oleh sebab itu kami berusaha membuat program rencana setiap kegiatan meskipun belum sempurna, sehingga kritik dan saran kami harapkan dari semua pihak demi menuju kesempurnaan Program Kerja kurikulum ini.

 

Terwujudnya Program Kerja Kurikulum MA Asy-Syafi’iyah ini tidak lain dari pada adanya bimbingan dan pengarahan dari Bapak Kepala, Kasi Mapenda, Bapak Pengawas, untuk itu kami haturkan  banyak terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya.

 

Akhir kata, semoga Program Kerja Kurikulum MA Asy-Syafi’iyah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang kami susun ini bermanfaat bagi MA Asy-Syafi’iyah pada khususnya dan umumnya bagi madrasah/sekolah lain, serta Insya Allah dengan rasa kebersamaan yang tinggi, yang didasari dengan niat ibadah guna menggapai Mardatillah. Lembaga ini akan terus maju dan disegani masyarakat serta jadi tumpuan masyarakat.

 

Hanya kepada Allah jualah menyerahkan segala urusan

 


 

 

SUSUNAN PANITIA KEGIATAN EVALUASI BELAJAR

MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH

SUKOREJO BANGSALSARI KAB. JEMBER

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

NO

NAMA KEGIATAN

WAKTU

PANITIA

JABATAN

NAMA

1.

Pengembangan KTSP

Juli 2020

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris    

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Yayuk Sri Rahayu, S.Pd

2.

Ulangan Tengah Semester Ganjil

September 2020

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Asep Maulana, S.Pd

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

3.

Ulangan Akhir Semester Ganjil

Desember 2020

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

4.

Ulangan Tengah Semester Genap

Maret 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

5.

Ulangan Kenaikan Kelas

Juni 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

6.

Pengayaan dan Try Out

Jan - Maret 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

7.

UAMBN dan UN

Maret – April 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

8.

Perpisahan

Juni 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

9.

Kenaikan Kelas

Juni 2021

Ketua

Syafiudin, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

10.

Penerimaan Peserta Didik Baru

Juni – Juli 2021

Ketua

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

Sekretaris

Muhammad Mahmud, S.Pd.I

Bendahara

Ifa Nur Farida, S.Pd.I

 

Mengetahui                                                                                         Bangsalsari,   Juli 2020

Kepala                                                                                                 Wakamad Kurikulum

 

 

 

 

 

 

Abdul Wahid Hasyim, S.H.I                                                              Syafiudin, S.Pd.I


 

JADWAL KEGIATAN DAN PEMBIMBING PENGEMBANGAN DIRI

MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH

SUKOREJO BANGSALSARI KAB. JEMBER

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

No

Kegiatan

Pendamping

Jenis Kegiatan

Waktu

1

OSIS

Ifadlotul Hasanah, S.Pd.I

Pembinaan Cara Beroganisasi

Jum’at, 14.00

2

Volly Ball

Risqi Rio Saputro, S.Pd

Latihan Rutin

Mengikuti Lomba

Mengadakan Kunjungan

Jum’at, 14.00

3

Tenis Meja

Feri Bagus Hidayat, S.Pd

Latihan Rutin

Mengikuti Lomba

Mengadakan Kunjungan

Jum’at, 14.00

4

Pramuka

M. Agus Alamul huda, S.T

Latihan Rutin

Mengikuti Lomba

Mengikuti Bakti Sosial

Jumat, 13.00

5

Pencak Silat

Muhammad Mahmud

Latihan Rutin

Mengikuti Lomba

Apresiasi

Minggu, 14.00

 

 

Mengetahui                                                                                         Jember,     Juli 2020

Kepala                                                                                                 Wakamad Kurikulum

 

 

 

 

 

 

Abdul Wahid Hasyim, S.H.I                                                              Syafiudin, S.Pd.I


 

MATRIK PROGRAM KERJA

WAKAMAD BIDANG KURIKULUM

MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

No

Jenis Kegiatan

Bentuk Kegiatan

Tujuan

Waktu

Sasaran

Koordinator Pelaksana

Sumber dana

keterangan

1

Kegiatan awal tahun pelajaran

Perencanaan

Persiapan

Juni 2020

Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Kepala dan Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pemetaan mata pelajaran dan alokasi waktu

Pembagian tugas

Juli 2020

Pendidik

Kepala dan Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pembagian tugas mengajar

Pembagian beban ajar

Juli 2020

Pendidik

Kepala dan Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Menentukan KKM

Penentuan target PBM

Juli 2020

Pendidik

Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Menyusun jadwal pelajaran

Pembagian waktu mengajar

Juli 2020

Pendidik

Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Menyusun KTSP

Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM

Juli 2020

Pendidik

Tim penyusun KTS (seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Menyusun Perangkat PBM

(Kalender Pendidikan, minggu efektif, Prota, Prosem, Silabus, RPP)

Pembuatan perangkat pembelajaran dan persiapan PBM

Juli 2020

Pendidik

Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pembagian Kelas/Rombel

Pembagian peserta didik dalam kelas dan program studi sesuai dengan minat dan kemampuan

Juli 2020

Peserta didik

Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pembuatan Absensi

Menyiapkan administrasi kehadiran peserta didik

Juli 2020

Peserta didik

Waka Kurikulum

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

2

Pelaksanaan PBM

Pelaksanaan PBM

Juli 2020

Juni 2021

Peserta didik

(Hasil belajara peserta didik)

Pendidik

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pelaksanaan pengayaan / pemantapan kelas XII

Meningkatkan dan mengoptimalkan daya serap peserta didik

Januari – Mart 2021

Peserta didik kelas XII

Panitia dan Pendidik bidang studi

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

3

Evaluasi

Ulangan Blok

Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik

Juli 2020 – Juni 2021

Peserta didik

Pendidik

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UTS Semester Ganjil

September 2020

Peserta didik

Panitia UTS *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UAS Semester Ganjil

Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik

Desember 2020

Peserta didik

Panitia UAS *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UTS Semester Genap

Maret 2021

Peserta didik

Panitia UTS *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UAS Semester Genap

Juni 2021

Peserta didik

Panitia UAS *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Analisis Hasil Ulangan

Juli 2020 – Juni 2021

Peserta didik

Pendidik

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Remidial

Juli 2020 – Juni 2021

Peserta didik

Pendidik

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Try OUT Kelas XII (1)

Jan 2021

Peserta didik

Panitia TO *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Try OUT Kelas XII (2)

Feb 2021

Peserta didik

Panitia TO *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Try OUT Kelas XII (3)

Mart 2021

Peserta didik

Panitia TO *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UN kelas XII

April 2021

Peserta didik

Panitia UN, UM *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Ujian Praktek Kelas XII

April 2021

Peserta didik

Panitia UN, UM *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

UM Kelas XII

April 2021

Peserta didik

Panitia UN, UM *)

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

4

Pelaporan Hasil

Pembagian Raport Semester Ganjil

Pemberitahuan kepada peserta didik, orang tua dan kantor kementerian agama tentang keberhasilan PBM

Des 2020

Orang tua dan Peserta didik

Wali Kelas

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pengumuman TO kelas XII

Mart 2021

Orang tua dan Peserta didik

Panitia TO

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pengumuman Kelulusan Kelas XII

Mei 2021

Orang tua dan Peserta didik

Kepala dan Panitia

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Penyerahan SKHUN dan Ijazah

Juni 2021

Orang tua dan Peserta didik

Kepala dan Panitia

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Penyerahan Laporan UM,UAMBN, UN

Juni 2021

Kantor Wilayah Kemenag

Panitia UM, UAMBN, UN

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Pembagian Raport Semester Genap

Juni 2021

Orang tua dan Peserta didik

Wali Kelas

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

5.

Peningkatan Kwalitas Peserta Didik

Olimpiade Matematika

Meningkatkan kwalitas Peserta Didik

2020-2021

Peserta Didik

Guru bidang

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Olimpiade Fisika

2020-2021

Peserta Didik

Guru bidang

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Olimpiade PAI

2020-2021

Peserta Didik

Guru bidang

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Seleksi Peserta Didik Berprestasi

2020-2021

Peserta Didik

Team Seleksi

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Cerdas Cermat Mata Pelajaran

2020-2021

Peserta Didik

Guru bidang

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Lomba Kreasi Seni

2020-2021

Peserta Didik

Bid. Seni

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Lomba Olah Raga

2020-2021

Peserta Didik

Bid. Olahraga

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

6.

Peningkatan Kwalitas Tenaga Pendidik

Mengikuti Diklat Mata Pelajaran

Meningkatkan kwalitas Tenaga Pendidik

2020-2021

Tenaga Pendidik

Kementerian Agama / Balai Diklat

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Mengikuti Seminar / Loka Karya

2020-2021

Tenaga Pendidik

Kementerian Agama / PT

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Mengadakan Kunjungan Kerja (perbandingan)

2020-2021

Tenaga Pendidik

Sekolah

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Meningkatkan Kemampuan TIK

2020-2021

Tenaga Pendidik

Tenaga Pendidik / Sekolah

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

Melanjutkan Jenjang Pendidikan

2020-2021

Tenaga Pendidik

Tenaga Pendidik

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

7.

Peningkatan, pengamalan keagamaan, Kepakaan Sosial, cinta tanah air dan bangsa

Keagamaan

Meningkatkan kwalitas seluruh komponen pendidikan

2020-2021

Seluruh Masyarakat sekolah

Bid. Keagamaan

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

 Bakti Sosial

2020-2021

Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik

Bid. Kesiswaan dan Humas

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

PHBI

2020-2021

Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik

Bid. Kesiswaan

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

PHBN

2020-2021

Seluruh Masyarakat sekolah Peserta Didik

Bid. Kesiswaan

BOS

O Terlaksana

O Tidak Terlaksana

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar